3 topik kesehatan masyarakat teratas di IJPHS Maret 2024 

Jurnal International Journal of Public Health Science (IJPHS) adalah jurnal interdisipliner yang menerbitkan materi tentang semua aspek ilmu kesehatan masyarakat. Jurnal ini memiliki prioritas pada orisinalitas dan keunggulan penelitian. Jurnal ini menerima artikel berdampak tinggi pada berbagai topik kesehatan masyarakat. Jurnal ini terindeks Scopus dan terakreditasi SINTA 1 oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia (RISTEK-BRIN). Berikut 3 topik teratas yang sedang ramai di bahas di IJPHS issue Maret 2024:

Health promotion

Promosi Kesehatan mencakup topik-topik mengenai pencegahan, pendidikan kesehatan, pemberdayaan masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), pemasaran sosial, perawatan kesehatan preventif, promosi menyusui, kampanye berhenti merokok, literasi kesehatan, pemerataan kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan, studi kualitatif, sukarelawan, konselor, perilaku, modifikasi gaya hidup, pemasaran kesehatan, teori perilaku, model perilaku, media sosial, periklanan, dukungan sosial, advokasi, evaluasi, intervensi, lima tingkat pencegahan, perencanaan kesehatan, dan komunikasi.

Maternal and reproductive health

Maternal and reproductive health membahas berbagai topik terkait dengan kesehatan ibu, bayi, dan kesehatan reproduksi. Topik-topik tersebut meliputi janin, kesuburan, kontrasepsi, menyusui, imunisasi, kondom, vasektomi, tubektomi, hamil, orang tua tunggal, kekerasan, pacar, suami, istri, kelahiran, kematian, perawatan antenatal, pasca melahirkan, menopause, menstruasi, aborsi yang tidak aman, eklampsia, keluarga berencana, imigrasi, LGBT, pendidikan seks, gangguan hipertensi, kanker payudara, HIV/AIDS, penyakit menular seksual, kesetaraan perempuan, keadilan reproduksi, jenis kelamin, keluarga, herpes, gonore, dan sifilis. Dalam kesehatan ibu dan reproduksi ini, pentingnya pelayanan kesehatan yang komprehensif dan perhatian pada faktor sosial, ekonomi, budaya, dan agama juga diutamakan.

Public health nutrition

Gizi kesehatan masyarakat mencakup topik tentang nutrisi, diet, makanan, junk food, makanan sehat, makanan mentah, sayur, buah, malnutrisi, gula, daging, ikan, kue, beras, vitamin, susu, stunting, gizi prenatal, anemia, pertumbuhan, penyerapan, asupan makanan, metabolisme, pola makan, penyakit bawaan makanan, obesitas, kelebihan berat badan, metabolisme, kretinisme, karbohidrat, protein, serat, air, lemak, asam amino, asam lemak esensial, sindrom metabolik, nutrisi, mineral, susu, kalsium, zat besi, yodium, seng, vegetarian, keamanan pangan, ketahanan pangan, standar pangan, kelaparan, insulin, kolesterol.

Tujuan jurnal ini adalah untuk menjadi platform diskusi bagi penulis dan pembaca di seluruh dunia mengenai penelitian dan praktik kesehatan masyarakat yang lebih canggih. IJPHS menerima artikel berdampak tinggi yang berkaitan dengan epidemiologi, biostatistik, nutrisi, kesehatan keluarga, penyakit menular, penelitian layanan kesehatan, gerontologi, kesehatan anak, kesehatan remaja, kedokteran perilaku, kesehatan pedesaan, penyakit kronis, promosi kesehatan, evaluasi dan intervensi, kebijakan dan manajemen kesehatan masyarakat, ekonomi kesehatan, kesehatan kerja, dan kesehatan lingkungan. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak dan membaca artikel secara GRATIS silahkan kunjungi tautan berikut: https://ijphs.iaescore.com/.  

Redaksi: I. Busthomi