Artificial intelligence (AI) adalah bidang yang banyak digrandrungi peneliti untuk mengembangkannya. AI adalah bidang yang sangat luas dan dinamis. Berikut adalah beberapa topik yang ramai dibahas akhir-akhir ini di IAES International Journal of Artificial Intelligence (IJ-AI).

Machine Learning

Machine Learning (ML) mencakup algoritma dan teknik yang memungkinkan komputer untuk belajar (learning) dari kumpulan data untuk menghasilkan deduksi. Algoritma ML andal dalam menyelesaikan task manusia, seperti untuk memprediksi kondisi kesehatan manusia (seperti stress hingga sakit jantung), mengenali fraud, dan masih banyak lagi.

Deep Learning

Deep Learning (DL) merupakan subbidang dari ML. Bidang ini memanfaatkan artificial neural network untuk mempelajari pola kompleks dari data yang sangat banyak. DL unggul dalam tugas-tugas seperti pengenalan citra dan ucapan, pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing/NLP), dan bahkan menghasilkan output berupa teks, suara, dan gambar.

Neural Network

Neural Networks (NN) adalah model komputasi yang dibuat dengan meniru struktur dan fungsi otak manusia sebagai model. NN terdiri dari node yang saling berhubungan (artificial neuron) yang memproses data dan belajar melalui experience dari data tersebut. NN adalah elemen inti dari algoritma DL. NN memungkinkan untuk mempelajari hubungan yang rumit di dalam data, sehingga prediksi atau klasifikasi menjadi semakin akurat.

Natural Language Processing

Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing/NLP) membahas mengenai kemampuan komputer untuk memahami dan memproses bahasa manusia. Hal tersebut mencakup tugas-tugas seperti analisis sentimen hingga pengembangan chatbot. NLP memiliki potensi untuk merevolusi cara manusia berinteraksi dengan komputer. NLP memungkinkan untuk berkomunikasi dengan mesin dengan cara yang alami dan intuitif (non-coding). Sebagai contoh, NLP dapat digunakan untuk mengembangkan tagging mengenai ucapan Amazigh dengan akurat.

Topik-topik diatas adalah empat topik teratas yang dibahas di IAES International Journal of Artificial Intelligence (IJ-AI). Untuk mendapatkan informasi lebih banyak dan membaca artikel secara GRATIS kalian dapat mengunjungi tautan berikut: https://ijai.iaescore.com/.

Redaksi: I. Busthomi