IAES International Journal of Artificial Intelligence (IJ-AI) sekarang menjadi jurnal SJR Q2!

IJ-AI diindeks oleh Scopus/Scimago JR, dengan SJR 0,341 (2020), Q2 di bawah kategori “Electrical and Electronic Engineering” dan “Information Systems and Management”.

Pencapaian yang bagus setelah 9 tahun bekerja secara intensif dan menyeluruh. Selamat kepada tim yang dipimpin dengan cerdas oleh Prof. Dr. Eugene Yu-Dong Zhang dari University of Leicester, United Kingdom.

IJ-AI hanya akan menerbitkan artikel asli/penelitian berkualitas tinggi, dan beberapa makalah ulasan melalui undangan. Kami bermaksud mempertahankan, meningkatkan standar keunggulan, visibilitas, dan pengembangan jurnal lebih lanjut. Tujuannya adalah untuk mempertahankan indeksasi jurnal di Scopus dan mendapatkan indeksasi di Web of Science, dengan terus meningkatkan kualitas artikel jurnal dan visibilitas jurnal.

Langkah-langkah utama berikut akan dilakukan untuk peningkatan kualitas dan visibilitas jurnal sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan dan rekomendasi dari asosiasi penyuntingan dan penerbitan ilmiah internasional, dan transparansi & praktik terbaik (ICMJE, COPE, WAME, CSE, CONSORT , EASE, DOAJ, OASPA, dll).

  1. Menjaga dan meningkatkan kualitas, kesehatan etika, dan strategi editorial untuk memastikan dampak dan tingkat kutipan yang lebih tinggi dari artikel yang diterbitkan di IJ-AI.
  2. Untuk menginternasionalkan lebih lanjut dan memperluas indeksasi dan pengarsipan IJ-AI dalam database global tambahan yang relevan untuk mempromosikan makalah pasca publikasi.
  3. Untuk mendaftar ke ORCID bagi calon penulis, peninjau, dan anggota dewan redaksi IJ-AI untuk meningkatkan visibilitas kegiatan akademik mereka dengan dan menampilkan informasi tentang kegiatan menulis, meninjau, dan menerbitkan sendiri di akun permanen mereka.
  4. Memperkuat editorial team IJ-AI dengan memperluas keanggotaan dewan redaksi dan menunjuk editor bagian tambahan yang bertanggung jawab atas etika publikasi (integritas penelitian), bahasa Inggris, dll., serta individu terampil yang terlibat dalam pemrosesan manuskrip agar berfungsi lebih efektif dari keseluruhan proses pengelolaan manuskrip sampai keputusan akhir untuk penerbitan dan pengelolaan jurnal.
  5. Mendukung pengembangan profesional berkelanjutan dengan membuat bagian jurnal untuk mahasiswa pascasarjana, peneliti berkelanjutan, dan spesialis, serta dengan mengakui kontributor untuk kegiatan penerbitan dan peninjauan.
  6. Mematuhi rekomendasi terbaru dari asosiasi editorial global untuk meningkatkan proses peer-review dan kualitas publikasi, serta komunikasi pasca-publikasi dan untuk memasukkan poin-poin yang relevan dalam instruksi jurnal.
  7. Meningkatkan dan memperkaya open journal system dari IJ-AI dengan informasi yang transparan tentang manajemen editorial, peer review, akses terbuka, dan praktik penyuntingan yang dapat diterima.
  8. Meningkatkan dampak IJ-AI dengan meningkatkan fungsionalitas situs web jurnal dan konten online serta menilai penggunaan jurnal dan makalah yang diterbitkan melalui berbagai indikator dampak tradisional dan alternatif.
  9. Meningkatkan instruksi kepada penulis untuk memberikan informasi komprehensif tentang jurnal, termasuk pedoman yang secara teratur meningkatkan standar etika, kualitas, dan implikasi artikel yang diterbitkan.
  10. Terlibat dalam pendidikan komunitas ilmiah dalam etika dan integritas penelitian dan publikasi untuk menciptakan lingkungan dan tradisi etis untuk mencegah ketidakjujuran, penipuan, dan plagiarisme ilmiah dan penerbitan.

Jurnal ini bersifat full open access dan menjadi referensi tentang topik tersebut. Kami akan sangat senang menerima saran untuk meningkatkan jurnal kami.

1 Response
  1. SJR is a measure of scientific influence of journals that accounts for both the number of citations received by a journal and the importance or prestige of the journals where such citations come from It measures the scientific influence of the average article in a journal, it expresses how central to the global scientific discussion an average article of the journal is. Evolution of the number of published documents.

Leave a Reply