Journal of Education and Learning (EduLearn) diterima untuk diindeks Scopus

Dengan bangga kami mengumumkan bahwa Journal of Education and Learning (EduLearn) telah memenuhi persyaratan akan kualitasnya dan telah mendapatkan persetujuan indeksasi Scopus. Sebelumnya, EduLearn juga telah mendapatkan persetujuan indeksasi oleh ERIC. Hal Ini menjadi tanda keseriusan EduLearn dalam menjadi jurnal/platform unggulan untuk penyebarluasan ilmu pengetahuan sekaligus menjadi jurnal ke-11 yang mendapatkan indeksasi Scopus dari total 16 jurnal yang saat ini berada di bawah naungan Institute of Advanced Engineering and Science (IAES).

Diluncurkan pada tahun 2012, EduLearn telah menerbitkan lebih dari 600 artikel yang berkualitas. Jurnal ini diterbitkan oleh Intelektual Pustaka Media Utama (IPMU) bekerjasama dengan Institute of Advanced Engineering and Science (IAES) dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Ini adalah jurnal internasional multi-disiplin, peer-review, open-access yang didirikan untuk penyebaran pengetahuan di bidang pendidikan. EduLearn terbuka bagi akademisi, pendidik, dan praktisi lainnya dalam lingkup aspek pendidikan dan pembelajaran dari seluruh dunia untuk menyaring dan menerbitkan artikel yang berkualitas tinggi. Naskah dipilih melalui tahap peer-review yang ketat untuk memastikan kualitas, orisinalitas, kesesuaian, signifikansi, dan keterbacaan. Dengan segala upaya tersebut, EduLearn bisa mendapatkan indeksasi Scopus pada bulan Maret 2023.

Scopus adalah database abstrak dan kutipan terbesar dari literatur peer-review: jurnal ilmiah, buku dan prosiding konferensi. Scopus adalah sebuah alat yang memberikan gambaran menyeluruh tentang hasil penelitian dunia di bidang sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial, serta seni dan humaniora.  Scopus juga menghadirkan alat pintar untuk melacak, menganalisis, dan memvisualisasikan penelitian. Mulai dari peneliti yang mengejar terobosan ilmiah sampai lembaga akademik dan lembaga pemerintah yang mengevaluasi penelitian, Scopus adalah database abstrak dan pengindeksan pilihan. Scopus digunakan oleh lebih dari 3,000 akademisi, pemerintah, dan institusi perusahaan di seluruh dunia, serta merupakan sumber data utama yang mendukung portofolio intelijen penelitian.

Ini adalah awal dari sebuah proses. Dengan diterimanya jurnal EduLearn oleh Scopus, tanggung jawab juga akan semakin besar. Harapan terbesar kami adalah semoga kami bisa memberikan yang terbaik, meningkatkan kualitas dalam skala global, dan berusaha untuk menjadi yang terdepan. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada staf editorial, pengulas, dan penulis di jurnal EduLearn atas kontribusi terhadap kesuksesan jurnal.

Redaksi: Dewan Penyunting Edulearn

Sumber: