Komunikasi free space optical

Komunikasi free space optical (FSO) adalah bidang yang sedang tren yang meningkat begitu cepat untuk menggantikan gelombang elektromagnetik dalam komunikasi. Komunikasi optik ruang bebas memiliki kelebihan dan kekurangan dalam beberapa hal. Berikut beberapa keunggulan dibandingkan jenis komunikasi lainnya:

  1. Bandwidth yang tinggi: Komunikasi FSO dapat menyediakan bandwidth yang tinggi. Oleh karena itu, FSO cocok untuk aplikasi yang membutuhkan kecepatan transfer data yang tinggi, seperti di daerah perkotaan.
  2. Keamanan: Karena menggunakan sinyal cahaya untuk transmisi, komunikasi FSO dapat menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan komunikasi frekuensi radio tradisional.
  3. Kebal terhadap gangguan elektromagnetik: Tidak seperti komunikasi gelombang radio, komunikasi FSO tidak rentan terhadap gangguan elektromagnetik. FSO ideal untuk digunakan di lingkungan di tempat yang rentan akan gangguan elektromagnetik.
  4. Tidak memerlukan lisensi spektrum: Komunikasi FSO tidak memerlukan lisensi spektrum. Hal tersebut dapat menghemat biaya dan penyebarannya lebih mudah.
  5. Tidak ada interferensi dengan frekuensi radio: Karena menggunakan cahaya untuk transmisi, komunikasi FSO tidak menyebabkan gangguan pada frekuensi radio. Hal tersebut cocok untuk diimplementasikan di area yang rentan akan gangguan frekuensi radio.

Keunggulan ini membuat komunikasi FSO menjadi pilihan yang menarik untuk berbagai aplikasi, termasuk kabel perkotaan. Selain kelebihan, komunikasi FSO juga memiliki beberapa kekurangan komunikasi FSO meliputi:

  1. Sensitif terhadap kondisi cuaca: Cuaca sangat mempengaruhi kinerja komunikasi FSO. Kabut, hujan, atau salju, dapat melemahkan sinyal optik dan menyebabkan berkurangnya kinerja atau terputusnya sambungan.
  2. Persyaratan garis penglihatan: Komunikasi FSO membutuhkan garis pandang yang tidak terhalang antara pemancar dan penerima.
  3. Kompleksitas pemasangan dan penyelarasan: Pemasangan dan penyelarasan yang tepat dari terminal komunikasi FSO dapat menjadi lebih kompleks. Komunikasi FSO membutuhkan penyesuaian yang cermat untuk mempertahankan sambungan.
  4. Keandalan dalam kondisi buruk: Komunikasi FSO dapat mengalami tantangan keandalan dalam kondisi lingkungan yang buruk. Angin kencang atau suhu yang ekstrim dapat memengaruhi stabilitas sambungan optik.

Kekurangan-kekurangan ini perlu dipertimbangkan ketika mengevaluasi kesesuaian pengaplikasian komunikasi FSO. Selain itu, perlunya perencanaan yang cermat serta mempertimbangkan faktor lingkungan sebelum pengimplementasian.

Dalam penelitiannya, Mohammad dkk. (2022) melakukan inovasi yang menyajikan gambaran umum tentang sistem komunikasi FSO untuk aplikasi dalam ruangan. Mereka membahas penggunaan light-emitting diodes (LED) sebagai pemancar, transistor foto sebagai penerima, dan resistansi variabel untuk mengubah tegangan yang dikirim ke LED. Hal tersebut yang mengindikasikan adanya perubahan sinyal yang ditransmisikan. Penelitian ini menggunakan model simulasi dan eksperimen, yang menghasilkan desain PCB untuk sistem komunikasi FSO.

Free space optical communication system for indoor applications based on printed circuit board design

Alsharef Mohammad, Mohammed S. Alzaidi, Mahmoud M. A. Eid, Vishal Sorathiya, Sunil Lavadiya, Shobhit K. Patel, Ahmed Nabih Zaki Rashed

This study clarified an overview of wired and wireless optical communication system block diagram with practical applications. Freespace optical (FSO) communication is a trending field that is rising so fast to replace electromagnetic waves in a communication, so we have presented a theoretical circuit as an example and modified it to fit and work in communication purposes, simulation is used and then practical work is done and printed circuit board (PCB) is designed. Light emitting diode (LED) have been used as transmitter and Photo Transistor as a receiver and variable resistance to change voltage sent to the LED that indicates the change in the transmitted signal.

Redaksi: I. Busthomi